Selasa, 09 Oktober 2018

Pemasaran Dengan Perangkat Mobile

Setiap orang dapat mengakses berbagai hal baik dengan menggunakan komputer maupun menggunakan handphone yang memiliki jaringan internet. Dengan demikian, kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh produsen akan semakin mudah karena memiliki jangkauan yang jauh lebih luas.

A. Ruang Lingkup Pemasaran Mobile

    Semakin berkembangnya kemajuan sistem teknologi informasi dan komunikasi, maka menyebabkan semua bidang kehidupan juga mengalami perkembangan. Dimana pemasaran yang dulunya dilakukan dengan sistem konvensional, sekarang pemasaran juga dapat dapat dilakukan dengan menggunakan sistem mobile. 

1. Sejarah Mobile Marketing

  Munculnya pemasaran mobile marketing dimulai pada awal tahun 2000-an saat Short Message Service (SMS) menjadi semakin populer. Sebagai teknologi yang dikembangkan, saluran baru untuk pemasaran mobile mulai muncul, di antaranya:

a. Multimedia Message Service
  dengan MMS, pengiklan dapat mengirim pesan teks, video, dan slide show gambar dari produk. 

b. Game Mobile Marketing
 Kecendrungan dari game mobile sudah mulai canggih. Permainan ini sangat kasual dalam mempromosikan produk yang sedang dipromosikan dalam beberapa permainan.

c. Mobile Web Marketing
 Di sini, produk yang sedang dipromosikan pada halaman web yang diakses melalui perangkat mobile. 

d. Pemasaran via bluetooth dan infrared
 Bluetooth populer hanya pada tahun 2003, infrared disisi lain adalah bentuk tertua dari pemasaran mobile. 

e. Mobile marketinh melalui kodr quick response
 Kode QR seperti barcode tapi bukan hanya sekelompok garis pararel, namun memiliki dua dimensi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar