A. Ruang Lingkup Pemasaran Mobile
Semakin berkembangnya kemajuan sistem teknologi informasi dan komunikasi, maka menyebabkan semua bidang kehidupan juga mengalami perkembangan. Dimana pemasaran yang dulunya dilakukan dengan sistem konvensional, sekarang pemasaran juga dapat dapat dilakukan dengan menggunakan sistem mobile.
1. Sejarah Mobile Marketing
Munculnya pemasaran mobile marketing dimulai pada awal tahun 2000-an saat Short Message Service (SMS) menjadi semakin populer. Sebagai teknologi yang dikembangkan, saluran baru untuk pemasaran mobile mulai muncul, di antaranya:
a. Multimedia Message Service
dengan MMS, pengiklan dapat mengirim pesan teks, video, dan slide show gambar dari produk.
b. Game Mobile Marketing
Kecendrungan dari game mobile sudah mulai canggih. Permainan ini sangat kasual dalam mempromosikan produk yang sedang dipromosikan dalam beberapa permainan.
c. Mobile Web Marketing
Di sini, produk yang sedang dipromosikan pada halaman web yang diakses melalui perangkat mobile.
d. Pemasaran via bluetooth dan infrared
Bluetooth populer hanya pada tahun 2003, infrared disisi lain adalah bentuk tertua dari pemasaran mobile.
e. Mobile marketinh melalui kodr quick response
Kode QR seperti barcode tapi bukan hanya sekelompok garis pararel, namun memiliki dua dimensi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar